Selasa, 28 Juni 2011

Merpati Ternyata Punya Kemampuan Menakjubkan


Merpati Ternyata Punya Kemampuan Menakjubkan Merpati atau yang sering kita sebut burung dara ini memiliki 300 spesies. Merpati adalah burung berbadan gempal dengan leher pendek dan paruh ramping pendek dengan cere berair. Tahukah anda bahwa merpati ini memiliki kemampuan yang menakjubkan ? Seperti apakah kemampuannya itu ? Penasaran ?

Kemampuan merpati ini adalah dapat mengedintifikasi manusia yang ingin memberi makan kepadanya. Merpati dengan kemampuan menakjubkan ini biasanya berada di daerah perkotaan. Mungkin karena mereka terbiasa diberi makan disana, sehingga menjadi kebiasaan.

Tingkat kepaadatan merpati tertinggi berasal dari pusat kota. Kenapa ? Karena hal ini disebabkan tingkat populasi predator yang rendah dan dikawasan itu juga makanan selalu tersedia bagi merpati."Dianggap sebagai wabah, merpati kota sendiri hidup dekat dengan aktivitas manusia dan memanfaatkan kedekatan ini guna mencari makanan,” papar tim ilmuwan Prancis di jurnal Animal Cognition.

Dalam penelitiannya imluwan perancis melakukan dua uji coba yang melibatkan dua manusia satu netral dan yang satunya lagi mengejar merpati. "Dalam kedua uji ini, merpati dengan cepat bisa membedakan kedua manusia ini," katanya.

"Terungkap, merpati bisa cepat belajar dari interaksi dengan manusia untuk memaksimalkan keuntungan dari lingkungan perkotaan,” tutupnya. Merpati selalu menghindari manusia yang mengejar-ngejarnya. Bahkan saat baju kedua manusia ini saling ditukar, burung merpati ini tetap mampu membedakan manusia yang menggunakan karakteristik individualnya.

0 komentar:

Posting Komentar