Selasa, 28 Juni 2011

Di depan Komputer 5 jam perhari, bisa akibatkan cepat mati


Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Emmanuel Stamatakis, peneliti dari University College London, Inggris. Baru-baru ini menemukan bahwa seseorang yang duduk didepan komputer selama 5 jam akan mengalami kematian lebih cepat dibandingkan seseorang yang hanya duduk di depan komputer selama kurang dari 2 jam . Lihat akibatnya dan apa penyebabnya ? Penasaran ?




“Orang yang menghabiskan waktu lebih dari 4 jam berturut-turut per hari di depan komputer memiliki peluang 125 persen lebih tinggi akan mengalami kematian terkait penyakit jantung dibanding mereka yang hanya menghabiskan waktu kurang dari 2 jam di depan layar,” kata Stamatakis, seperti dikutip dari Examiner, 20 April 2011.


Menurut penelitian seseorang yang duduk di depan komputer selama 5 jam bisa merusak jantung dan akan lebih cepat menjurus kepada kematian . Penyebabnya adalah posisi duduk, terutama saat seseorang itu bersandar di kursi , yang merupakan posisi umum saat orang itu bekerja, bermain, menonton TV ataupun online.


Temuan ini semakin menambah bukti bahwa berlama-lama di depan komputer akan membahayakan. Disamping itu era globalisasi dengan ketergantungan teknologi di zaman modern sekarang. Semakin banyak orang-orang yang menghabiskan waktu-waktu senggangnya dengan duduk berlama-lama di depan PC.


Peneliti meyakini bahwa penyebabnya memang adalah duduk yang terlalu lama. Posisi tersebut diketahui menyebabkan penurunan 90 persen lipoprotein lipase dan enzim jantung yang sehat. Pembengkakan dan masalah metabolisme yang disebabkan oleh ketidakatifan dalam waktu panjang juga menjadi sumber permasalahan.


Stamatakis menyebutkan, dari penelitian, mereka juga menemukan bahwa 48 persen orang yang menghabiskan waktu 4 jam di depan komputer berturut-turut juga berpeluang mengalami kematian lebih cepat akibat faktor lain di luar jantung.Lebih lanjut, mereka yang menghabiskan lebih dari 5 jam di depan komputer per hari, risiko mati lebih cepatnya naik secara signifikan.


“Orang yang berolahraga secara reguler di waktu luang mereka juga memiliki peluang untuk mati lebih cepat,” kata Stamatakis. "Akan tetapi mereka yang terpaksa harus bekerja didepan komputer harus bangun 20 menit dan berjalan kaki sejenak ". Kata Stamatakis “Itu akan menurunkan masalah-masalah tersebut dan mungkin akan meningkatkan peluang Anda untuk hidup lebih lama,” ucapnya.

0 komentar:

Posting Komentar