Senin, 23 Mei 2011

Mengubah Data Digital Menjadi Tegangan Analog Dengan Rangkaian Ladder R-2R

Rangkaian ADC dan DAC – manakah dari kedua rangkaian tersebut yang paling sering digunakan dalam aplikasi? Entah dengan Anda, tapi berdasarkan pengalaman saya selama ini, rangkaian ADC lebih sering saya gunakan ketimbang DAC, alasannya hanya karena memang lebih banyak proyek yang menggunakan ADC ketimbang DAC.
Pada postingan kali ini, saya ingin berbagi pengalaman tentang DAC. Kebetulan pada proyek yang sedang saya kerjakan membutuhkan DAC untuk mengubah data digital dari 6 bit menjadi data analog dengan range 0-6 volt.
Gambar di atas adalah potongan foto sistem yang menunjukkan bagian rangkaian DAC R-2R. Karena tidak mendapatkan resistor 1%, maka saya menggunakan resistor 5% saja.
Sempat bingung juga mau pakai IC DAC seperti 0800 ataukah menggunakan rangkaian DAC R-2R Ladder. Dengan alasan simplisitas sistem, maka akhirnya saya gunakan rangkaian DAC R-2R Ladder. Jujur, saya belum pernah mendalami rangkaian tersebut dan sempat ragu dengan linearitas tegangan keluarannya.
Namun setelah browsing sana-sini dan melakukan eksperimen, saya mendapatkan hasil yang alhamdulillah sangat bagus.
Data digital yang dikonversi dihasilkan oleh ATtiny2313 melalui port PB0-PB5. Sedangkan output analog yang dihasilkan oleh rangkaian DAC R-2R diskalakan menggunakan rangkaian penguat tak-membalik untuk mendapatkan range 0-6V DC.
Gambar berikut adalah grafik hasil konversi kombinasi data digital 6-bit (00-63) menjadi tegangan dengan range 0-6 volt.
Perhatikan betapa lurus grafiknya!!
Jika pengen tahu seperti apa rangkaiannya, silakan menulis komentar pada tulisan ini dan saya akan mengirimkan skematiknya untuk Anda.
Selamat belajar!

0 komentar:

Posting Komentar