Senin, 23 Mei 2011

Aplikasi Thermostat R100 Pada Rumah Walet

Kecil-kecil cabe rawit, mungkin itu istilah yang cocok untuk Thermostat R100. Selain murah, modul R100 ini juga dapat menggerakan power driver besar untuk menggerakkan beban yang besar seperti heater, pompa, dan motor; baik untuk beban tegangan 1 fasa maupun untuk beban tegangan 3 fasa.
Foto berikut adalah rangkaian Thermostat R100 dengan power driver berupa relay OMRON MKS2P dengan tegangan kumparan 12V DC.
Selain relay/kontaktor dengan tegangan kumparan 12VDC, Thermostat R100 juga dapat digunakan dengan suplai 24V DC dan menggerakkan relay/kontaktor dengan tegangan kumparan 24V DC. Dengan demikian, praktis Thermostat R100 dapat digunakan diberbagai aplikasi yang membutuhkan thermostat.
Salah satu aplikasi Thermostat R100 adalah sebagai pengontrol pompa air pada rumah walet. Kondisi suhu dalam rumah walet harus dijaga agar tidak melebihi 30°C. Suhu ideal dalam rumah walet adalah 26°C. Jika suhu diatas 30°C, maka air liur burung walet akan cepat kering dan hasilnya sarang burung walet akan keropos. Oleh karenanya pengkondisian suhu dalam rumah walet sangat penting diperhatikan.
Ketika suhu melebihi 30°C, maka thermostat akan mengaktifkan relay untuk menghidupkan pompa air sprayer untuk menurunkan suhu dan meningkatkan kelembaban.
Thermostat R100 memang bukan solusi yang terbaik, tapi dengan Thermostat R100 yang murah-meriah-handal, banyak aplikasi pengontrolan suhu dapat diselesaikan dengan baik dan ekonomis.
Selamat Berkarya

0 komentar:

Posting Komentar