Minggu, 24 Juli 2011

Cara Mendapat Banyak Komentar di Blog


komentar, comment, blaCara supaya mendapat banyak komentar di blog. "Bagaimana cara agar artikel kita dapat banyak komentar? Tips dan triknya bagaimana?", itu pertanyaan yang sering saya terima dari rekan-rekan blog. Mengapa tanya kepada saya? Okelah saya jelaskan.

Pasti sudah monoton jika saya jelaskan secara umum seperti blog tutorial yang sudah beredar, jadi saya akan jelaskan dengan cara saya sendiri supaya para pembaca tidak muntah karena bahasa formal, atau malah semakin parah karena baca artikel saya, hehehee.

Suatu saat saya bertanya lewat chat facebook pada salah satu rekan blog yang menurut saya jarang berkomentar.



Saya
###
Saya
###
Saya

###
Saya
###

Saya
###
Saya
###

Saya

###

Saya
###

Saya
Sob, maaf ya, kok kayaknya kamu jarang komentar.
Males sob.
Lho kok males, kenapa memang?
Saya malas baca sob.
(Tertawa) Iya kalau artikelnya menarik bagaimana sob? Apalagi pas kebetulan untuk tugas sekolahmu?
Ya saya baca.
Tapi ninggalin komentar kan?
Ya ngga lah, ngapain komentar artikel kalau reload lagi buat isi kode captcha?
Kalo kodenya ilang, mau komentar?
Kalo blognya berat ya tidak akan.
Kalo udah ringan?
Tanya melulu sih? Tergantung dia posting dengan informatif dan komunikatif atau tidak (udah mengeluarkan bahasa cendikiawan).
Kalo artikelnya bagus? Bahasanya ga alay tapi ga begitu formal, mau komentar?
Iya siih bagus, tapi kadang saya udah pernah baca, malas hasil copy paste.
Kalo asli dari pikiran dan pandangan sendiri?
Saya akan komentar kayak gini, "Ladida bikin emosi tanya2 melulu, yasudah saya berkomentar di sini"
Oh...

Nah, dari percakapan itu, bisa ambil kesimpulan, ini rahasia supaya dapat banyak komentar yang nyambung dan berkualitas di artikel blog Anda:
  • Jangan merepotkan pembaca dengan pasang kode verifikasi.
  • Cobalah membuat blog Anda nyaman dengan membuatnya menjadi ringan
  • Buatlah judul yang menarik, dan terpenting adalah paragraf pertama, yang tampil di home page oleh readmore, buat supaya ada yang buka artikel Anda.
  • Jangan hasil copy paste, usahakan bikin kata-kata sendiri, kalau perlu beri tambahan info dari referensi lain.
  • Jangan bikin emosi orang seperti saya, karena jika sudah emosi kepada kita, mereka akan malas komentar. Jadilah blogger yang sopan dan ramah dengan yang lain, entah itu sebaya, lebih muda, atau bahkan lebih muda.
  • Jika mampu, buatlah penghargaan khusus untuk top komentator Anda.
  • Tambahan nih, sering-sering juga komentar di blog lain dan usahakan komentarnya nyambung. Cara ini sangat banyak manfaatnya.
  • Untuk kesimpulan lain bisa Anda tambahkan dengan paradigma Anda sendiri.

Tentunya tidak langsung 200 komentar akan datang setelah Anda pakai cara-cara di atas, namun saya yakin beberapa waktu ke depan, komentator setia Anda pasti akan bertambah. Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar