Rabu, 25 Mei 2011

Kenakalan SMP dan SMA

SUDAH bukan rahasia lagi kalau siswi/siswa SMP apalagi SMA banyak yang sudah melakukan hubungan intim seperti suami istri, narkoba, tindak kekerasan, dll.
apakah hal ini masih dalam kewajaran?
dan apa yang menyebabkan mereka melakukan hal tersebut?

Diluar batas kewajaran jika usia remaja melakukan hubungan seks bebas, narkoba dan tindak kriminal. Tapi kita tidak bisa menetralisasikannya begitu saja. Memang, dari informasi yang ada kenakalan remaja dewasa ini sangat meningkat drastis, dan itu bisa saja disebabkan karena perubahan zaman yang begitu cepat, dalam bahasa gaulnya disebut “shock cultural“.


Dengan pengetahuan minim mereka berani coba-coba dan ikuti nafsu dan kebodohan tanpa berfikir akibat nyata yang langsung mereka rasakan. Pada kenyataannya mereka bukan hanya berasal dari keluarga ‘broken home‘ ataupun keluarga atheis. Maka ternyata tidak ada hubungannya antara agama apa yang mereka anut ataupun kondisi keluarga mereka.
Kelemahan orang tua yang masih saja tabu, bingung dan malu untuk memberikan pendidikan sex, juga hanya sekedar menakut-nakuti tentang bahaya narkoba tanpa mampu mendalami dan memberikan pengarahan yang lebih baik.
Pemerintah juga konyol, dengan memberikan izin siar untuk sinetron-sinetron gak mutu yang mempertontonkan adegan pacaran…rebutan pacar…dengan (ck..ck…) bintang-bintang di bawah umur…masih seragam SD!
Keluarga dan lingkungan juga sangat berperan penting, jika keluarga dan lingkungan mengajarkan nilai-nilai moral yang baik maka secara otomatis kita pun tidak akan terjerumus, tapi balik lagi ke iman, walaupun keluarga dan lingkungan baik tapi kalau iman individu itu lemah maka dia bisa berbuat kerusakan.
Dan jika keluarga dan lingkungan tidak mengarahkan kita pada kebaikan maka secara otomatis yang kita lakukan pun hanya kerusakan-kerusakan, tapi jika iman individu itu kuat maka tidak akan terpengaruh walau pun keluarga dan lingkungan tidak mendukung pada arah yg baik.

Pendidikan menjadi faktor yang berperan penting untuk mendukung maupun menghambat kerusakan (peradaban umat manusia) ini. Baik ilmu pengetahuan agama maupun ilmu pengetahuan umum sangat menentang kerusakan ini. Jadi peningkatan pendidikan sangat diperlukan untuk mengatasi masalah besar ini…
MASIH PENGEN COBA-COBA ?

0 komentar:

Posting Komentar